Selasa, 12 November 2013

RPP Barisan dan Deret part 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SMK Negeri …..
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas/ Semester           : XI/ 1 (Satu)
Pertemuan Ke-             : 5, 6, 7, dan 8
Alokasi Waktu             : 8 X 45 menit

A. Standar Kompentensi      :  Menerapkan konsep barisan dan deret dalam
pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar            :  Mengidentifikasi pola, barisan, dan deret bilangan
C. Indikator                           :
  • Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika
D. Tujuan
  •  Peserta didik dapat menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika.
Karakter siswa yang diharapkan :
-       Kerja keras              -  Ketelitian                
-       Rasa ingin tahu       -  Disiplin
-       Kreatif                    -  Tanggung jawab
E. Materi Ajar
1) Barisan Aritmatika
Jika suatu barisan aritmetika ditulis U1, U2, U3, … , Un maka didapat :
U1 = a
U2 = a + b
U3 = a + 2b
U4 = a + 3b
:
:
Un = a + (n – 1) b
Jadi rumus suku ke-n untuk barisan aritmetika :


Un = a + (n – 1) b
a   = suku pertama
b   = beda
n   = banyaknya suku
Un = suku ke-n

2) Deret Aritmetika
“Jika U1, U2, U3, … , Un merupakan barisan aritmetika, maka :
U1+ U2 + U3 + … + Un dinamakan Deret Aritmetika.
Jika jumlah n suku pertama dari deret aritmetika ini dilambangkan dengan Sn, maka :
Sn = U1+ U2 + U3 + … + Un-2 + Un-1 + Un
Sn = a + (a+b) + (a+2b) + … + (a+(n-3)b) + (a+(n-2)b)+(a+(n-1)b)
Sn   = (a+(n-1)b)+(a+(n-2)b)+ (a+(n-3)b)+… + (a+2b) + (a+b) + a
 2Sn = (2a+(n-1)b)+(2a+(n-1)b)+ … +  (2a+(n-1)b) + (2a+(n-1)b)
Jadi   2 Sn = n{2a + (n-1)b}
                            
                          Sn = {2a + (n-1)b}

Keterangan :
Sn = jumlah n suku pertama
n   = banyaknya suku    
a   = suku pertama
b   = beda
   dari        Sn =  {2a + (n-1)b}
Sn = {a + a + (n-1)b}
Sn = (a + Un)

Dengan :
Sn = jumlah n suku pertama
a   = suku pertama
n   = banyaknya suku
Un = suku ke-n
F. Metode Pembelajaran : Ceramah
Model Pembelajaran : Cooperative Learning tipe CIRC
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-5
1. Pendahuluan     
Apersepsi  : - Memberi salam dan berdoa
-    Memeriksa presensi peserta didik
-    Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
          Pertemuan ke-5 dan Ke-6
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-       Memberikan penjelasan mengenai materi barisan aritmatika.
-       Memberikan contoh mengenai materi barisan aritmatika.
-       Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-       Guru memberikan beberapa soal yang ditulis di papan tulis.
-       Peserta didik mengerjakan soal yang diberikan guru sebagai latihan individu.
-       Dengan mengacu pada jawaban siswa, melalui tanya jawab, guru dan siswa membahas penyelesaian masalah.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
-       Guru dan peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman.
-       Guru memberikan penguatan dan penyimpulan.

Pertemuan Ke-7 dan Ke-8
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-       Memberikan penjelasan mengenai materi deret aritmatika.
-       Memberikan contoh mengenai materi deret aritmatika.
-       Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan.
Elaborasi
Cooperative Learning tipe CIRC
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-       Mengkondisikan siswa dalam beberapa kelompok belajar siswa yang terdiri dari 4 sampai 5 siswa.
-       Mempersiapkan beberapa soal dan membagikan kepada siswa dalam kelompok yang sudah dibentuk.
-       Memberitahukan agar dalam setiap kelompok tejadi serangkaian kegiatan spesifik.
-       Berkeliling di dalam kelas mengawasi kerja kelompok.
-       Meminta kepada perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
-       Bertindak sebagai fasilitator.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
-       Guru dan peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman.
-       Guru memberikan penguatan dan penyimpulan.
3. Kegiatan Akhir
-       Peserta didik membuat rangkuman dari materi pola bilangan.
-       Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
-       Berdoa dan memberi salam.
H. Alat dan Sumber Belajar
Ø Alat : White Board
Ø Sumber :         
-  Buku Matematika Erlangga Kelas XI Program Keahlian Seni, Pariwisata, Administrasi Perkantoran, dan Teknologi Kerumahtanggaan.
-  Modul Barisan dan Deret.
I. Penilaian Hasil Belajar
Teknik                   :  Tugas Individu
Bentuk Instrumen :  Uraian
Contoh Instrumen :
LKS (Lembar Kerja Siswa)
1. Diketahui barisan suatu bilangan 2, 4, 6, 8, 10… tentukan:
a.    Suku pertama
b.    Beda
c.    Rumus suku ke-n
d.   Suku ke-15.
2. Suku ke-6 dari suatu barisan aritmatika adalah 19, sedangkan suku ke-10 samadengan 31. Tentukan:
a. Suku pertama dan Beda
b. Rumus suku ke-n
c. Suku ke-20
3. Diketahui barisan aritmatika 147, 143, 139, 135, …
a. Tentukan beda dari barisan aritmatika tersebut !
b. Suku keberapakah yang mempunyai nilai -1 ?
4. Suatu barisan aritmatika diketahui suku keduanya 7, suku keempatnya 17, dan suku terakhirnya 52. Tentukan banyaknya suku barisan tersebut!
5. Andi membuka rekening di Bank, pada bulan pertama ia menabung sebesar Rp 100.000,00. Jumlah setoran akan ia naikkan sebesar Rp 20.000,00 dari setiap bulannya. Tentukan:
a. Besar tabungan Andi pada bulan ke-10 !
b. Pada bulan keberapakah jumlah setoran Andi Rp 304.000,00 ?
6. Tentukan jumlah semua bilangan bulat positif antara 100 dan 300 yang habis dibagi 5 !
7. Diketahui rumus suku ke-n deret aritmatika Un= 5 – 3n. Hitunglah jumlah 15 suku pertama dari deret tersebut!
Penyelesaian
1. Diketahui:
Barisan suatu bilangan 2, 4, 6, 8, 10, …
a.    Suku Pertamanya adalah 2
b.    Bedanya adalah 2
c.    Rumus suku ke-n adalah 2n
d.   Suku ke-15 adalah 2 x 15 = 30
2.  a) U1 = 4 dan b = 3
b) Un = 3n + 1
c) U20= 61
3.  a) b = 143 – 147 = -4
b) -1 = 147 + (n-1) (-4)
-1 = 147 + (-4n) + 4
-1 = 151 + (-4n)
4n = 151 + 1
 n  =
 n  = 38

4. Diket. U2 = 7,               U4 = 17,             Un = 52
Ditanya. n = … ?
Jawab.
a + b   = 7
        Un = a + (n-1) b
       52  = 2 + (n-1) 5
       52  = 2 + 5n – 5
       52  = 5n – 3
       52 + 3 = 5n
      n         = 11
a + 3b = 17
               - 2b  = - 10
b   = 5
a + b = 7
a = 7 – 5
a = 2

5.a.  Jumlah setoran andi setiap bulannya dapat dituliskan dengan barisan berikut.
100.000, 120.000, 140.000, …
a = 100.000               b = 20.000
Un  = a + (n-1) b
U10 = a + (10-1) b
= 100.000 + (10-1) 20.000
= 100.000 + 180.000
= 280.000
Jadi, tabungan Andi pada bulan ke-10 besarnya adalah Rp 280.000,00
 b. Un  = a + (n-1) b
340.000 = 100.000 + (n-1) 20.000
340.000 = 100.000 + 20.000n – 20.000
340.000 – 80.000 = 20.000n
260.000                = 20.000n
n                           = 13
jadi, tabungan Andi sebesar Rp 340.000,00 yaitu pada bulan ke-13
6. 105 + 110 + 115 + … + 295
a = 105,           b = 5,               Un = 295
       Sn   =  ( a + Un )
      S39 =  ( 105 + 295 )
     =  ( 400 )
     = 7.800
Un  = a + (n-1) b
295 = 105 + (n-1) 5
295 = 105 + 5n – 5
295 – 100 = 5n
195           = 5n
                                                             n               = 39

7. U1   = 5 – 3 (1) = 2
U15 = 5 – 3 (15) = - 40
             S15 =  (2 + (-40)) = - 285

Tidak ada komentar:

Posting Komentar