RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMK Negeri ….
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/
Semester :
XI/ 1 (Satu)
Pertemuan
Ke- : 1, 2, 3, dan 4
Alokasi
Waktu : 8 X 45 menit
A. Standar Kompentensi : Menerapkan konsep barisan dan deret dalam
pemecahan
masalah
B. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi pola,
barisan, dan deret bilangan
C. Indikator :
- Pola, barisan, dan deret bilangan diidentifikasi berdasarkan ciri-cirinya
- Notasi sigma digunakan untuk menyederhanakan suatu deret
D. Tujuan
- Peserta didik dapat menyusun pola, barisan, dan deret bilangan diidentifikasi berdasarkan ciri-cirinya
- Peserta didik dapat menyusun notasi sigma yang digunakan untuk menyederhanakan suatu deret
- Karakter siswa yang diharapkan :
- Kerja
keras - Ketelitian
- Rasa
ingin tahu - Disiplin
- Kreatif - Tanggung jawab
E.
Materi Ajar
1) Pola Bilangan
a) Pola
bilangan ganjil dan pola bilangan genap
1,
3, 5, 7, … → pola bilangan ganjil
2,
4, 6, 8, … → pola bilangan genap
b) Pola
bilangan persegi
•
↓
1
|
•
•
• •
↓
22
|
• • •
• • •
• • •
↓
32
|
…
…
|
c) Pola
bilangan segitiga
•
↓
1
|
•
•
•
↓
3
|
•
• •
•
• •
↓
6
|
…
…
|
d) Pola
bilanganpersegi panjang
••
↓
2
|
• • •
• • •
↓
6
|
• •
• •
• •
• •
• •
• •
↓
12
|
…
…
|
2) Barisan dan Deret Bilangan
Bila barisan diatas
dijumlahkan secara berurutan yaitu
a.
1
+ 2 + 3 + 4 +...
b.
2
+ 4 + 6 + 8 +...
c.
1
+ 4 + 9 + 16 +...
Maka bentuk itulah
yang disebut sebagai ”deret bilangan”
secara ditulis U1 + U2 + U3 …+ Un .
3)
Menyatakan suatu panjumlahan dengan notasi sigma
Lambang ”
” dsebut sigma
yaitu kapital yunani yang berarti penjumlahan. Secara umum didefinisikan bahwa :
U1 + U2
+ U3 …+ Un =
Uk
a) Menentukan nilai dari penjumlahan yang dinyatakan
Bila U1 +
U2 + U3 …+ Un = P, maka
Uk
= U1 + U2 + U3
…+ Un = P
b) Sifat – sifat Notasi Sigma
Sifat sifat notasi sigma dapat dirangkum sebagai berikut
:
Jika a, b anggota himpunan bilangan bulat dengan b >
a, maka berlaku
1.
(Uk ± V k) =
Uk ±
V k
2.
c. Uk = c.
Uk : c
R
3. (i)
Uk =
Uk - p
(ii)
Uk =
Uk + p
4.
(Uk + V k) 2 =
(Uk ) 2 + 2
UkV k +
(V
k)
2
5.
c = n.c
F.
Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Pemberian tugas
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Pendahuluan
Apersepsi : -
Memberi salam dan berdoa
-
Memeriksa
presensi peserta didik
-
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
2. Kegiatan
Inti
Pertemuan ke-1
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-
Memberikan
penjelasan mengenai materi pola bilangan.
-
Memberikan contoh mengenai materi pola bilangan.
-
Memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai materi yang telah
disampaikan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
- Guru
memberikan beberapa soal yang ditulis di papan tulis.
- Peserta didik mengerjakan soal yang diberikan guru sebagai latihan
individu.
- Dengan
mengacu pada jawaban siswa, melalui tanya jawab, guru dan siswa membahas
penyelesaian masalah.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi,
-
Guru dan peserta didik bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman.
-
Guru memberikan penguatan dan
penyimpulan.
Pertemuan
Ke-2
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-
Memberikan
penjelasan mengenai materi barisan dan deret bilangan.
-
Memberikan contoh mengenai materi barisan dan deret bilangan.
-
Memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai materi yang telah
disampaikan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
- Guru
memberikan beberapa soal dari modul barisan dan deret pada halaman 7 nomor 1
poin a-f.
- Peserta didik mengerjakan soal dari modul
barisan dan deret pada halaman 7 nomor 1 poin a-f sebagai latihan individu.
- Dengan
mengacu pada jawaban siswa, melalui tanya jawab, guru dan siswa membahas
penyelesaian masalah.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi,
-
Guru dan peserta didik bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman.
-
Guru memberikan penguatan dan
penyimpulan.
Pertemuan
Ke-3 dan Ke-4
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-
Memberikan
penjelasan mengenai materi penjumlahan dengan notasi sigma.
-
Memberikan contoh mengenai penjumlahan dengan notasi sigma.
-
Memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai materi yang telah
disampaikan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik dikondisikan dalam beberapa kelompok
diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang.
-
Guru memberikan soal yang ditulis di papan tulis.
-
Peserta didik mengerjakan soal dan guru sebagai
fasilitator
-
Hasil pekerjaan ditukar dengan kelompok yang lain, dan
dibahas bersama-sama.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi,
-
Guru dan peserta didik bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman.
-
Guru memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Kegiatan
Akhir
-
Peserta
didik membuat rangkuman dari materi pola bilangan.
-
Peserta
didik dan guru melakukan refleksi.
-
Berdoa
dan memberi salam.
H. Alat dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku Matematika Erlangga Kelas XI Program
Keahlian Seni, Pariwisata, Administrasi Perkantoran, dan Teknologi
Kerumahtanggaan.
- Modul Barisan
dan Deret
I. Penilaian Hasil Belajar
Teknik : Tugas individu
Bentuk
Instrumen : Uraian
Contoh
Instrumen :
LKS (Lembar
Kerja Siswa)
1. Tuliskan
3suku berikutnya dari pola bilangan dibawah ini:
a. 2,
5, 8, 11, 14,…
b. 61,
54, 47, 40,…
2. Tulislah
tiap deret berikut:
a. 6
bilangan ganjil
b. 5
bilangan prima
3. Tentukan
suku ke-n (
)dari barisan berikut:
a. 3,
7, 11, 15,…
b. 2,
8, 14, 20, …
Penyelesaian
1. a.
3 suku berikutnya dari pola bilangan 2, 5, 8, 11, 14, … adalah 17, 20, 23
b.
3 suku berikutnya dari pola bilangan 61, 54, 47, 40, … adalah 33, 26, 19
2. Tulislah
tiap deret dari
a. 6
bilangan ganjil b.
5 bilangan prima
1 + 3 + 5 + 7 + 9 + 11 2 + 3 + 5 + 7 + 11
3. Suku
ke-n dari barisan 3, 7, 11, 15, … adalah
Suku ke-n dari barisan 2, 8, 14,
20, … adalah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar