Selasa, 12 November 2013

RPP Barisan dan deret part 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                : SMK Negeri ….
Mata Pelajaran               : Matematika
Kelas/ Semester              : XI/ 1 (Satu)
Pertemuan Ke-               : 1, 2, 3, dan 4
Alokasi Waktu               : 8 X 45 menit

A.  Standar Kompentensi      :  Menerapkan konsep barisan dan deret dalam
pemecahan masalah
B.  Kompetensi Dasar            :  Mengidentifikasi pola, barisan, dan deret bilangan
C.  Indikator                           :
  • Pola, barisan, dan deret bilangan diidentifikasi berdasarkan ciri-cirinya
  • Notasi sigma digunakan untuk menyederhanakan suatu deret
D.  Tujuan
  • Peserta didik dapat menyusun pola, barisan, dan deret bilangan diidentifikasi berdasarkan ciri-cirinya
  • Peserta didik dapat menyusun notasi sigma yang digunakan untuk menyederhanakan suatu deret
    • Karakter siswa yang diharapkan :
-       Kerja keras              -  Ketelitian                
-       Rasa ingin tahu       -  Disiplin
-       Kreatif                    -  Tanggung jawab
E. Materi Ajar
1)   Pola Bilangan
a)    Pola bilangan ganjil dan pola bilangan genap
1, 3, 5, 7, … → pola bilangan ganjil
2, 4, 6, 8, … → pola bilangan genap
b)   Pola bilangan persegi


1
   
   

  
   22
           
           
           
    
       32



 
c)    Pola bilangan segitiga


1
 
  

 
  3
    
   
   
 
   6



d)   Pola bilanganpersegi panjang
••


2
   
   

     
      6
           
           
           
        
          12




2)   Barisan dan Deret Bilangan
Bila barisan diatas dijumlahkan secara berurutan yaitu
a.    1 + 2 + 3 + 4 +...
b.    2 + 4 + 6 + 8 +...
c.    1 + 4 + 9 + 16 +...
Maka bentuk itulah yang disebut sebagai ”deret bilangan” secara ditulis U1 + U2 + U3  …+ Un .

3)   Menyatakan suatu panjumlahan dengan notasi sigma
Lambang ” ” dsebut sigma yaitu kapital yunani yang berarti penjumlahan. Secara umum didefinisikan bahwa :
U1 + U2 + U3  …+ Un = Uk
a) Menentukan nilai dari penjumlahan yang dinyatakan
Bila U1 + U2 + U3  …+ Un = P, maka Uk = U1 + U2 + U3  …+ Un = P
b)  Sifat – sifat Notasi Sigma
Sifat sifat notasi sigma dapat dirangkum sebagai berikut :
Jika a, b anggota himpunan bilangan bulat dengan b > a, maka berlaku
1.    (Uk ±  V k)  =  Uk   ±    V k
2.    c. Uk   =  c.  Uk  :  c  R
3.    (i) Uk  =   Uk - p
(ii) Uk  =   Uk + p
4.      (Uk  +  V k) 2   =   (Uk ) 2  + 2 UkV k  +  (V k) 2
5.    c = n.c

F. Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Pemberian tugas
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1.      Pendahuluan   
Apersepsi  : - Memberi salam dan berdoa
-    Memeriksa presensi peserta didik
-    Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-       Memberikan penjelasan mengenai materi pola bilangan.
-       Memberikan contoh mengenai materi pola bilangan.
-       Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-       Guru memberikan beberapa soal yang ditulis di papan tulis.
-       Peserta didik mengerjakan soal yang diberikan guru sebagai latihan individu.
-       Dengan mengacu pada jawaban siswa, melalui tanya jawab, guru dan siswa membahas penyelesaian masalah.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
-       Guru dan peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman.
-       Guru memberikan penguatan dan penyimpulan.

Pertemuan Ke-2
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-       Memberikan penjelasan mengenai materi barisan dan deret bilangan.
-       Memberikan contoh mengenai materi barisan dan deret bilangan.
-       Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-       Guru memberikan beberapa soal dari modul barisan dan deret pada halaman 7 nomor 1 poin a-f.
-       Peserta didik mengerjakan soal dari modul barisan dan deret pada halaman 7 nomor 1 poin a-f sebagai latihan individu.
-       Dengan mengacu pada jawaban siswa, melalui tanya jawab, guru dan siswa membahas penyelesaian masalah.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
-       Guru dan peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman.
-       Guru memberikan penguatan dan penyimpulan.

Pertemuan Ke-3 dan Ke-4
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-       Memberikan penjelasan mengenai materi penjumlahan dengan notasi sigma.
-       Memberikan contoh mengenai penjumlahan dengan notasi sigma.
-       Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-       Peserta didik dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang.
-       Guru memberikan soal yang ditulis di papan tulis.
-       Peserta didik mengerjakan soal dan guru sebagai fasilitator
-       Hasil pekerjaan ditukar dengan kelompok yang lain, dan dibahas bersama-sama.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
-       Guru dan peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman.
-       Guru memberikan penguatan dan penyimpulan
3.      Kegiatan Akhir
-       Peserta didik membuat rangkuman dari materi pola bilangan.
-       Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
-       Berdoa dan memberi salam.
H. Alat dan Sumber Belajar
Sumber :
-     Buku Matematika Erlangga Kelas XI Program Keahlian Seni, Pariwisata, Administrasi Perkantoran, dan Teknologi Kerumahtanggaan.
-     Modul Barisan dan Deret
I. Penilaian Hasil Belajar
Teknik                   :  Tugas individu
Bentuk Instrumen :  Uraian
Contoh Instrumen :
LKS (Lembar Kerja Siswa)
1.      Tuliskan 3suku berikutnya dari pola bilangan dibawah ini:
a.    2, 5, 8, 11, 14,…
b.    61, 54, 47, 40,…           
2.      Tulislah tiap deret berikut:
a.    6 bilangan ganjil
b.    5 bilangan prima
3.      Tentukan suku ke-n ( )dari barisan berikut:
a.    3, 7, 11, 15,…
b.    2, 8, 14, 20, …
Penyelesaian
1.      a. 3 suku berikutnya dari pola bilangan 2, 5, 8, 11, 14, … adalah 17, 20, 23
b. 3 suku berikutnya dari pola bilangan 61, 54, 47, 40, … adalah 33, 26, 19
2.      Tulislah tiap deret dari
a.       6 bilangan ganjil                           b. 5 bilangan prima
       1 + 3 + 5 + 7 + 9 + 11                      2 + 3 + 5 + 7 + 11          

3.      Suku ke-n dari barisan 3, 7, 11, 15, … adalah
Suku ke-n dari barisan 2, 8, 14, 20, … adalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar